Friday, September 7, 2012

MAP

 MAP[MEAN ARTERIAL PLEASURE]

Kisaran tekanan arteri rata-rata normal adalah 70-110 mmHg. Sebuah MAP minimal 60 mmHg diperlukan untuk perfusi yang tepat (aliran darah) ke organ-organ tubuh seperti ginjal, otak dan arteri koroner. Ukuran MAP, oleh karena itu, menjadi indikator kesehatan organ-organ ini. Beberapa kondisi kritis di mana MAP perlu dipantau adalah sebagai berikut:

    
Pemantauan MAP dari pasien jantung yang berada di infus vasodilator diperlukan.
    
Kepala-luka pasien perlu dipantau untuk MAP.
    
Kondisi syok septik juga menyerukan pemantauan MAP. Dalam kondisi ini, hasil infeksi berat ke perfusi jaringan menurun, menyebabkan penurunan pengiriman oksigen ke organ-organ tubuh.
    
Tekanan darah pasien dengan membedah perut aneurisma perlu dikontrol dalam kisaran yang sempit. Setiap perubahan dalam tekanan darah menyebabkan peningkatan pendarahan internal, itu, oleh karena itu, diperlukan untuk memantau MAP.MAP juga harus dipantau secara teratur selama check-up untuk mendapatkan ide dari keadaan kesehatan sistem tubuh kita. Jika MAP turun di bawah kisaran normal, pasien dikatakan menjadi alkimia. Dalam kondisi seperti ini, jaringan tubuh rusak.Menghitung MAPRumus berikut ini digunakan untuk menghitung tekanan arteri rata-rata. Penjelasan mengenai formula ini juga disajikan di bawah ini.MAP = (CO × SVR) + CVPYang disebutkan di atas istilah CO, SVR, dan CVP berdiri untuk curah jantung, resistensi pembuluh darah sistemik, dan tekanan vena sentral. Mari kita memahami istilah tersebut.Jantung KeluaranIni adalah ukuran dari volume darah yang dipompa keluar dari jantung dalam durasi 1 menit. Cardiac output diukur dari segi kubik dm (yaitu 1 liter). Tingkat curah jantung, baik oleh ventrikel kiri atau kanan pada suatu titik waktu tertentu, diukur. Output jantung rata-rata di fase istirahat untuk laki-laki adalah 5,6 L / menit, nilai ini untuk perempuan adalah 4,9 L / min.Sistemik Vascular ResistancePerlawanan vaskular istilah digunakan dalam referensi dengan hambatan yang dihadapi oleh aliran darah dalam sistem peredaran darah. Ada dua jenis resistensi vaskular - resistensi vaskular sistemik dan resistensi pembuluh darah paru. Yang pertama (sistem resistensi vaskular) adalah ukuran resistensi akibat sirkulasi darah perifer. Pembuluh darah paru-paru juga menawarkan resistensi terhadap aliran darah. Ini semacam resistensi yang disebut sebagai resistensi pembuluh darah paru.Tengah Tekanan venaTekanan darah dalam vena kava toraks (dekat atrium kanan) dikenal sebagai tekanan vena sentral. Faktor ini (tekanan vena sentral) mempengaruhi tekanan arteri rata-rata dengan jumlah yang kecil.Tekanan perfusi dan MAP SignifikansiKonsep tekanan perfusi perlu dipahami dalam rangka untuk mempelajari topik tekanan arteri rata-rata dengan cara yang tepat. Proses pengiriman darah arteri ke jaringan biologis melalui jaringan kapiler disebut sebagai perfusi, proses perfusi bertanggung jawab untuk gizi dari jaringan darah yang diangkut. Hal ini diperlukan untuk memeriksa tekanan perfusi dan rata-rata tekanan arteri dalam situasi darurat untuk menentukan kesejahteraan pasien / orang. Hilangnya keseimbangan dalam pemeliharaan hasil MAP ke dalam sirkulasi darah yang buruk dan kondisi ekstrim seperti underperfusion dan overperfusion.

No comments:

Post a Comment